Thursday, January 14, 2010

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK PGRI 2 GENENG-NGAWI

ABSTRAKSI

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Motivasi belajar merupakan kebutuhan dalam belajar yang sangat penting yang tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan belajar dan memberikan arah kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan. Motivasi belajar ada yang berasal dari diri sendiri yang biasa disebut motivasi intrinsik, ada juga yang berasal dari luar diri yang mana munculnya dibutuhkan rangsangan dari luar yang biasa disebut dengan motivasi ekstrinsik. Dengan adanya usaha yang tekun dan terutama didasari adanya motivasi, maka seseorang yang belajar itu akan dapat melahirkan prestasi.

Prestasi belajar adalah suatu hasil yang dicapai atau diperoleh dari suatu proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan belajar. Prestasi belajar merupakan gambaran tentang kemampuan siswa memahami isi pelajaran yang biasanya dilambangkan oleh skor atau nilai.

Berdasarkan paparan di atas maka permasalahan yang timbul adalah bagaimana gambaran motivasi belajar siswa SMK PGRI 2 Geneng-Ngawi, bagaimana gambaran prestasi belajar siswa SMK PGRI 2 Geneng-Ngawi, bagaimana hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMK PGRI 2 Geneng-Ngawi.

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMK PGRI 2 Geneng-Ngawi, untuk mengetahui prestasi belajar siswa SMK PGRI 2 Geneng-Ngawi, dan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMK PGRI 2 Geneng-Ngawi.

Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode antara lain adalah metode observasi, dokumentasi, dan menyebar angket dengan jumlah sampel 65 orang siswa dan jumlah sampel tersebut diperoleh dengan menerapkan teknik random sampling.

Setelah data diperoleh, maka penulis menganalisanya dengan menggunakan dua teknik analisa yaitu pertama menggunakan analisa prosentase untuk jenis data kuantitatif deskriptif dengan rumus :

Kemudian yang kedua penulis menggunakan analisa korelasi dengan memakai rumus Product Moment dari Pearson:

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan/korelasi yang signifikan antara Motivasi belajar dengan Prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R = 0,695 yang menunjukkan besarnya hubungan antara variable bebas dengan variable terikat dengan F hitung 29,494 dan F table 4,17 yang berarti bahwa T hitung lebih besar dari F table (5,577 > 4,17) dengan nilai sig F 0,000.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMK PGRI 2 Geneng-Ngawi.

Sehingga disarankan pada SMK PGRI 2 Geneng-Ngawi untuk mempertahankan dan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa


Comments :

0 komentar to “HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK PGRI 2 GENENG-NGAWI”

Post a Comment