Saturday, January 16, 2010

Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah III Singosari Malang.

Pendidikan sebagai salah satu sektor yang paling penting dalam pembangunan nasional, dijadikan andalan utama yang berfungsi semaksimal mungkin dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, dimana iman dan takwa kepada Allah SWT menjadi sumber motivasi kehidupan segala bidang. Pendidikan juga di pandang salah satu aspek yang memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi mendatang. Dengan pendidikan di harapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi masa depan.

Mengingat sangat pentingnya pendidikan itu bagi kehidupan, maka pendidikan harus dilaksanakan sebaik-baiknya sehingga dapat memperoleh hasil yang di harapkan sekolah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan tempat yang paling memungkinkan seseorang meningkatkan pengetahuan, dan paling mudah membina generasi muda yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Belajar dengan disiplin yang terarah dapat menghindarkan diri dari rasa malas dan menimbulkan kegairahan siswa dalam belajar, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya kemampuan belajar siswa. Sebagaimana uraian diatas, peneliti mengamati bahwa apabila tata tertib atau peraturan akan dijalankan dengan baik oleh semua unsur pendidikan (guru, murid, kepala sekolah, pegawai dan lain-lain) maka akan dapat memberikan pengaruh positif pada prestasi belajar siswa.

Dari latar belakang di atas, maka penulis ingin mengetahui tingkat disiplin siswa, berkaitan dengan disiplin belajar siswa, hasil pembentukan disiplin siswa dalam kaitanya dengan peningkatan prestasi belajar dan pengaruh disiplin siswa terhadap peningkatan prestasi belajar.

Penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif yang beertujuan menggambarkan tingkat kedisiplinan dan hubungannya dengan prestasi. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa dari kelas II dan III SMK Muhammadiyah III Singosari Malang dan diambil secara purpossive sampling dan dilengkapi dengan hasil observasi terhadap guru yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Analisa data secara deskriptif dilakukan dengan distribusi frekuensi dan tingkat hubungan diukur dengan korelasi Rank Spearman dan koefisien kontingensi. Distribusi frekuensi dilakukan dengan rumus sebagai berikut :

P = x 100 %

Hubungan pengaruh disiplin terhadap prestasi dilakukan dengan uji chi kuadrat dengan rumus sebagai berikut :

X2 =

Selanjutnya dari rumus ini akan menghasilkan nilai koefisien kontingensi (KK) yang diperoleh dari rumus :

KK =

Tingkat kedisiplinan yang diperoleh dari data yang bersifat skor dilakukan dengan korelasi rank Spearman yang dihasilkan dari rumus :

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa lebih banyak tergolong sedang, dan ada hubungan yang signifikan antara tingkat kedisiplinan dan prestasi yang dihasilkan. Diperoleh koefisien korelasi Spearman sebesar 0,465 (lebih besar dari rstabel = 0,306) dan koefisien kontingensi sebesar 0,684. Upaya pembinaan yang dilakukan oleh para guru dengan menegakkan secara ketat peraturan sekolah tentang kediplinan perlu dipertahankan.

Comments :

0 komentar to “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah III Singosari Malang.”

Post a Comment