Thursday, January 28, 2010

PENTINGNYA UPAYA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ATTARAQQIE MALANG

ABSTRAK


Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan, Agama Islam, Anak Usia Dini.



Pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan teratur serta sistematis, yang dilakukan oleh orang-orang yang bertanggung jawab, untuk mempengaruhi anak agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan. Dan dalam pendidikan anak usia dini dimulai sejak anak usia 0 sampai 6 tahun. Pada masa-masa dini tersebut anak diberikan pendidikan agama, sejak kecil tersebut anak perlu diajarkan pelajaran agama. Karena pembelajaran pendidikan agama sangat perlu di masa mendatang atau ketika anak dini tersebut ketika besar nantik. Dan pendidikan usia dini yang diterapkan di Taman Kanak-kanak Islam menerapkan pembelajaran agama diterapkan dengan memberikan cara belajar membaca Al-qur’an, pembelajaran Keimanan, Akhlak, Ibadah, bermain secara Islami, bernyanyi secara Islami, agar anak dapat mengetahui tentang ajaran-ajaran Islam sejak usia dini.

Fokus penelitian ini adalah mencari tahu tentang pentingnya upaya pembelajaran pendidikan agama Islam di Taman Kanak-kanak dengan mengambil obyek penelitian di Taman Kanak-kanak Attaraqqie Malang. Penelitian ini mempunyai beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di Taman Kanak-kanak Attaraqqie Malang. 2) Bagaimana pentingnya upaya pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Attraqqie Malang. 3) Apa faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Attraqqie Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di Taman Kanak-kanak Attraqqie Malang. 2) Untuk mengetahui bagaimana pentingnya upaya pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Attaraqqie Malang. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Attaraqqie Malang.

Dalam rangka mengetahui permasalahan yang jelas penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Sedang dalam pengolahan data penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif.

Dari hasil analisis data dilapangan dapat diperoleh temuan bahwa: A. Pelaksanaan pendidikan agama Islam di Taman Kanak-kanak Attaraqqie cukup baik. Pada umumnya sangatlah penting dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Taman Kanak-kanak Attaraqqie Malang. Dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di TK Attaraqqie Malang terdiri dari:

1) Respon guru dalam menangapi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam. Pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak didik sangatlah perlu dan penting dilaksanakan bagi anak usia dini. Karena pendidikan agama diajarkan sejak dini agar anak dapat mengetahui tentang ajaran-ajaran agama Islam seperi tentang membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an seperti membaca surat Al-Fateha, seperti yang diajarkan di TK Attaraqqie Malang.2) Metode cara pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di TK Attaraqqie memberikan metode secara Islami yaitu Keimanan, Ibadah, Akhlak seperti shalat, wudhu, bernyanyi, bermain, bercerita secara Islami bagi anak usia dini di TK Attaraqqie Malang.3) Kemampuan guru dalam mempelajari pendidikan agama Islam di TK Attaraqqie kemampuan guru TK, dalam mempelajari pendidikan agama Islam ini merasa mudah karena yang diajarkan ke pokok bahasan yang sehari-harinya dilaksanakan seperti shalat, wudhu, membaca surat-surat pendek Al-Fatiha, An-Nas.4) Kemampuan siswa dalam menanggapi pembelajaran pendidikan agama Islam yang diajarkan guru di TK Attaraqqie, bahwa kemampuan siswa kelas A dan B I, rata-rata sebagian siswanya ada yang lancar dalam membaca Iqro’ dan sebagian ada yang kurang lancar dalam membaca Iqro’ dan kelas B II rata-rata siswanya banyak yang bisa membaca Iqro’ dengan lancar 5) Guru memberikan nilai pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di TK Attaraqqie Malang, bahwa dalam memberikan nilai setiap hari. B. Untuk mengetahui bagaimana pentingnya upaya pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di TK Attaraqqie Malang, memang pembelajaran pendidikan agama Islam sangat penting diterapkan apalagi anak itu usianya masih dini. C. Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam di TK Attaraqqie Malang. Faktor Pendukung: 1) Mempunyai sebagian alat peraga cerita mendongeng, Gambaran orang shalat, wudhu. 2) Mempunyai tempat praktek wudhu. 3) Guru merasa menambah wawasan tentang pembelajaran agama Islam. 4) Merasa ringan mengajarkan pembelajaran agama Islam kepada anak didik di TK jika anak didik tersebut ada yang di luar sekolah mengikuti mengaji di TPQ. Faktor Penghambat: 1) Media peraga yang kurang seperti buku cerita Nabi-nabi yang kurang lengkap. 2) Tidak mempunyai tempat untuk praktek shalat. 3) Suasana kelas yang ramai, murid yang nakal, murid yang menangis.

Comments :

0 komentar to “PENTINGNYA UPAYA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ATTARAQQIE MALANG”

Post a Comment