Wednesday, February 10, 2010

ANALISIS SISTEM ANTRIAN UNTUK MENGOPTIMALKAN JUMLAH TELLER DENGAN MODEL SIMULASI PADA BANK JATIM CAB Dr. SOETOMO DI SURABAYA

BAB I

PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Dengan berbagai macam kiat bank-bank yang ada berupaya agar menarik minat para nasabah dan tetap hidup dalam roda perekonomian di tanah air.

Bank Jatim cabang Dr. Soetomo di Surabaya adalah salah satu dari cabang PT. Bank Pembangunan Daerah Jatim yang terletak di jalan Prof. Dr. Moestopo –surabaya yang sampai sekarang tetap hidup dan jumlah nasabahnyapun semakin meningkat. Pemberian pelayanan terhadap nasabah dapat di berikan selama 5 jam yaitu antara pukul 08.00 – 14.00 wib.

Karena jumlah nasabah yang semakin meningkat pada Bank Jatim cabang Dr. Soetomo di Surabaya maka timbullah antrian. Apalagi jumlah teller di Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo di Surabaya kurang memadai, seperti pada saat terjadi transaksi pengambilan yang menggunakan uang tunai cukup banyak. Selain itu banyak juga diantara nasabah yang antri ternyata bukan melakukan transaksi tetapi hanya melihat jumlah uang yang ada dalam buku tabungan tersebut, Sehingga nasabah yang menunggu dalam antrian dan akan berhubungan lansung dengan teller tersebut akan merasa kecewa (tidak puas) dengan pelayanannya.

Dari permasalahan yang terjadi dapat di pecahkan dengan menggunakan model simulasi (program simul8), dimana dengan model ini kita dapat merancang model yang lebih optimal dari system nyata yakni system teller pelayanan nasabah.

Diharapkan dengan model simulasi tersebut dapat di temukan jumlah teller pelayanan nasabah yang optimal pada Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo di Surabaya sehingga tidak terjadi antrian yang panjang dan lama serta nasabahpun merasa puas dengan pelayanan yang di berikan oleh Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo di Surabaya dan tidak berpaling ke bank lain.

I.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian-uraian latar belakang tersebut di atas maka permasalahan yang di hadapi oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jatim saat ini adalah:

Berapa jumlah teller yang optimal, sehingga kegiatan transaksi pada saat ramai tidak menimbulkan antrian panjang”

I.3 Batasan Masalah

Agar pembahasan yang di lakukan lebih terarah dan tidak menyimpang dari tujuan yang di tetapkan maka perlu di buat batasan-batasan yang di perlukan dalam pemecahan masalah sebagai berikut:

1. Penelitian di lakukan 1 bulan pada tanggal 1-30 maret 2007

2. Pengamatan dilakukan pada waktu sibuk, yaitu antara pukul 08.00-14.00 WIB.

3. Pengukuran data tingkat kedatangan di mulai dari nasabah masuk dalam system antrian

4. Pengukuran data waktu pelayanan di mulai dari lamanya waktu yang di perlukan untuk persiapan pelayanan di tambah lamanya waktu pelayanan.

5. Penelitian hanya untuk menghitung waktu kedatangan data waktu pelayanan sehingga dapat di ketahui jumlah nasabah yang datang dan jumlah selesai tiap satuan waktu.

6. Perhitungan biaya dalam penambahan jumlah teller tidak termasuk dalam penelitian.

I.4 Asumsi

Berdasarkan Batasan masalah yang ada maka asumsi-asumsi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain :

1. Tiap nasabah selalu menuju jumlah antrian terpendek

2. Sumber populasi kedatangan nasabah tidak terbatas.

3. Tersedia area untuk penambahan fasilitas pelayanan

I.5 Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin hendak di capai dari penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah teller yang optimal sehingga kegiatan transaksi pada saat ramai tidak menimbulkan antrian yang panjang

I.6. Manfaat Penelitian

1. Bagi Perusahaan

Sebagai bahan perbandingan teori antrian yang di terapkan oleh perusahaan, dan merupakan saran kepada pihak perusahaan mengenai antrian yang dapat di gunakan pada masa yang akan datang.

2. Bagi Universitas pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur

Sebagai perbendaharaan perpustakaan dan di harapkan bisa bermanfaat bagi mahasiswa yang melakukan penelitian yang dengan permasalahan yang sama.

3. Bagi mahasiswa

Dapat menerapkan teori yang di peroleh selama studi untuk memecahkan masalah yang terjadi pada dunia industri yang sebenarnya.

I.7. Sistematika Penulisan

Sistematika tugas akhir adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini berisi latar belakang penulisan, batasan masalah, perumesan masalah, tujuan penelitian, asumsi, manfaat pemecahan masalah dan sistematika penulisan.

BAB II TINJUAN PUSTAKA

Pada bab ini berisi teori-teori yang mendukung dalam menyelesaikan permasalahan yang ada serta metode-metode yang akan digunakan dalam melakukan pengolahan dan analisis data.

BAB III METODE PENELITIAN

Pada bab ini berisi metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini hingga pembahasannya.

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini berisi pengolahan data, kemudian data yang telah diolah tersebut dianalisis untuk menperoleh hasil yang diharapkan.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini berisi kesimpulan dari hasil analisa dan pembahasan serta saran yang ditunjukan untuk perusahaan, berkaitan dengan permasalahan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Tuesday, February 9, 2010

ANALISIS MANAJEMEN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) BERBASIS ISO 9001 : 2000 DI PT. SWABINA GATRA (SEMEN GRESIK GR

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan dunia industri yang semakin cepat menyebabkan semakin kompleknya aktivitas yang dilakukan oleh manusia, hal ini menuntut para pemimpin perusahaan agar semakin berhati-hati dalam menyusun rencana dan tindakan yang diambil dalam bersaing dengan perusahaan lain untuk memasarkan produk/jasanya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain adalah dengan meningkatkan kualitasnya. Kualitas tidak hanya pada produk/jasa yang kita buat tetapi kualitas manajemen perusahan juga sangat berarti dan menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memesan produk/jasa.

PT. SWABINA GATRA (SEMEN GRESIK GROUP) GRESIK yang beroperasi di Jl. RA. Kartini Gresik yang bergerak di bidang industri dan jasa Cleaning Service, Supply tenaga kerja, Biro Perjalanan & Wisata, Penyewaan kendaraan dan Produsen Air Minum Dalam Kemasan ”SWA” selalu memperhatikan keinginan pelanggan. Selain adanya penerapan juga mendapatkan sertifikasi internasional dari badan organisasi ISO 9001:2000, agar dapat merencanakan strategi perusahaan yang baik sehingga dapat melakukan pelayanan terbaik pada pelanggannya yang nantinya dapat mencapai profit lebih tinggi.

Dengan adanya penerapan berdasarkan pendekatan ISO 9001 : 2000 diharapkan dapat memberi manfaat bagi perusahaan untuk mendapatkan pengakuan yang baik di mata internasional sehingga dapat meningkatkan image perusahaan dimata konsumen yang secara tidak langsung mempengaruhi peningkatan hasil dari penjualan, dan membantu perusahaan untuk lebih melaksanakan sistem manajemen mutunya secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan produk yang berkualitas.

Sertifikasi ISO 9001 : 2000 adalah suatu standart internasional untuk sistem manajemen kualitas yang berfokus pada proses dan kepuasan pelanggan, Oleh karena itu PT. SWABINA GATRA (SEMEN GRESIK GROUP), GRESIK adalah perusahaan yang menyadari akan pentingnya sertifikasi ISO tersebut, untuk itu penulis merasa tertarik mengadakan penelitian ini.

PT. SWABINA GATRA khususnya pada bidang usaha Produsen Air Minum Dalam Kemasan ”SWA” telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 dari badan sertifikasi. Sertifikat ini mempunyai tenggang 5 tahun, sejak tahun 2003 PT. SWABINA GATRA telah mendapatkan sertikat ini. Hal ini membuktikan bahwa manajemen kualitas di bidang industri Air Minum Dalam Kemasan ”SWA” ini sudah baik.

Dengan adanya hal ini maka penulis melakukan analisis untuk mengetahui sejauh mana penerapan dari standard ISO 9001:2000 pada saat ini, sehingga perusahaan bukan hanya memiliki prosedur yang terdokumentasi seperti yang disyaratkan dalam ISO 9000 tetapi juga mutu yang terkendali sesuai dengan persyaratan dalam elemen ISO 9000, sehingga pada tahun berikutnya perusahaan ini masih tetap bisa mempertahankan sertifikat ISO 9001: 2000.

1.2 Rumusan Masalah

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian tugas akhir ini secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut :

“ Bagaimana sistem manajemen mutu di PT. Swabina Gatra (Semen Gresik Group), Gresik khususnya bidang industri AMDK yang menggunakan standart ISO 9001 : 2000 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.”

1.3 Batasan Masalah

Agar penelitian ini lebih tepat sasarannya maka untuk menganalisa penelitian ini diperlukan batasan-batasan sebagai berikut :

  1. Penelitian dilakukan pada karyawan yang telah bekerja di perusahaan minimal selama enam bulan.
  2. Pengukuran akan menggunakan sepenuhnya konsep dan prosedur yang ada pada sistem manajemen mutu terutama yang mengenai Quality Mangement serta panduan ISO 9001 versi 2000.
  3. Penelitian dilakukan pada bidang industri Air Minum Dalam Kemasan “SWA”.

1.4 Asumsi-asumsi

Asumsi yang digunakan untuk penelitian ini adalah :

  1. Responden dianggap cukup memahami pertanyaan dari elemen-elemen kuisioner.
  2. Saat penelitian dilakukan perusahaan berjalan dalam keadaan normal.

1.5 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Untuk mengetahui kondisi sistem manajemen mutu perusahaan dengan kriteria yang ditetapkan pada ISO 9001 : 2000.

2. Untuk mengidentifikasi nilai dari seluruh elemen ISO yang harus dilakukan perbaikan oleh perusahaan.

1.6 Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat diambil dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Bagi Perusahaan

Diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan khususnya pada pengukuran performansi perusahaan dilihat dari sudut pandang persepsi karyawan terhadap organisasi.

2. Bagi Universitas

Dapat digunakan untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya tentang penerapan Total Quality Management dan ISO 9001:2000 bagi mahasiswa, dan juga dapat dijadikan sebagai tambahan referensi perpustakaan.

3. Bagi Penulis

Dengan adanya penelitian ini penulis dapat belajar dan memberikan pengetahuan tentang penerapan Total Quality Management berdasarkan ISO 9001:2000,dan mengimplementasikan pendidikan yang didapat di perguruan tinggi.

1.7 Sistematika Penulisan

Dalam penulisan penelitian ini, sistematika penulisan diusahakan berurutan berdasarkan pelaksanaan penelitian antara lain sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Berisi penjelasan mengenai latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, asumsi, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Berisi ringkasan dari teori-teori Total Quality Management (TQM) dan ISO 9001:2000 yang mendukung proses pengerjaan penelitian dengan mencantumkan sumber-sumber pustaka.

BAB III : METODE PENELITIAN

Menjelaskan tentang langkah-langkah pengerjaan yang ditulis secara detail sehingga dapat memberikan tuntunan dalam pengerjaan penelitian ini.

BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN

Berisikan pengumpulan data, pengolahan data, dan pembahasan terhadap data yang diolah.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Berisi kesimpulan yang didapat dari hasil analisa data kinerja perusahaan dengan penerapan TQM berdasarkan ISO 9001:2000 dan saran mengenai tindak lanjut sebagai hasil penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Monday, February 8, 2010

pengukuran menggunakan DEA dengan model Variable Return to Scale (VRS) dan Constant Return to Scale (CRS)

ABSTRAKSI



Indikator keberhasilan suatu perusahaan dapat dilihat dari besar kecilnya perolehan laba, baik itu perusahaan yang menghasilkan barang maupun perusahaan jasa. Di perusahaan jasa apabila pelanggan/konsumen tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, maka merek akan beralih ke perusahaan lainnya. Oleh karena itu dengan semakin banyaknya perusahaan jasa menyebabkan persaingan semakin ketat, dan perusahaan – perusahaan tersebut mulai memperhitungkan bagaimana cara pelayanan yang efisien terhadap para pelanggan/ konsumennya.


Tours & travel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa khususnya jasa transportasi dan pariwisata, dimana perusahaan – perusahaan tersebut lebih mengutamakan kepuasan para pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Perusahaan – perusahaan tersebut meliputi PT. Wicaksono Suryo, PT. Parkit Mas Lintas Raya, PT. Prima Wisata 1, dan PT. Prima Wisata 2. Perusahaan – perusahaan tersebut mengalami ketidakefisienan terhadap masalah tenaga kerja, dikarenakan banyaknya tenaga kerja yang menganggur .


Pada penelitian ini digunakan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA), dimana DEA ini merupakan model pemrograman linier yang berbasis pada pengukuran efisiensi relatif suatu unit dengan menggunakan banyak input dan banyak output. Input dan output yang digunakan dalam penelitian yang dianggap mempengaruhi efisiensi, dihasilkan dari perhitungan dengan menggunakan tool SPSS 11.00.


Dari pengukuran menggunakan DEA dengan model Variable Return to Scale (VRS) dan Constant Return to Scale (CRS) dengan menggunakan software Lindo akan didaptkan nilai Technical Efficiency (TE) den Scale Efficiency (SE) yang akan mengindikasikan perusahaan Tours & Travel mana yang efisien (nilai TE = 1) dan yang inefisien (nilai TE = <1),>Slack variable dari perusahaan yang inefisien yang akan menunjukkan nilai tiap input dan output yang agar dapat tercapai kondisi perusahaan yang efisien. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa perusahaan tours & travel yang inefisien adalah PT. Prima Wisata 1 dengan nilai efisiensi relatif sebesar 0,7314106.


Kata Kunci : Data Envelopment Analysis, Technical Efficiency, Scale Effficiency

Sunday, February 7, 2010

Bagaimana cara merancang suatu Sistem Informasi Manajemen Personalia sehingga memudahkan kinerja perusahaan untuk mendapatkan informas iyang cepat, re

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan dunia yang semakin mengglobal seperti saat ini yang ditandai denagn adanya pasar bebas yang memiliki iklim kompetisi yang sangat ketat di segala bidang usaha, baik di bidang manufaktur maupun di bidang jasa. Dengan adanya barang atau jasa yang masuk ke dalam negeri dengan bebas tanpa adanya hambatan sedikitpun. Hal ini meyebabkan persaingan antar produsen agar berlomba – lomba untuk mendekatkan diri kepada konsumen entah itu dengan peningkatan kualitas memperbanyak promosi dan lain – lain.

Perusahaan yang banyak tumbuh belakangan ini menjadikan perusahaan harus mampu bersaing daam segala hal, termasuk perbaikan sarana – sarana pendukung serta bagaimana mampu bersaing dengan perusahaan lain. Mendekatkan diri kepada konsumen bisa dengan berbagai cara seperti peningkatan kualitas, penyebaran promosi di media – media hingga memasarkan produk pada perusahaan – perusahaan retail yang sekarang ini sedang berkembang pesat dewasa ini. Dengan memasarkan produk pada perusahaan retail maka produsen akan semakin lebih dekat dengan konsumen dan dapat mengetahui tingkat persaingan dengan perusahaan lain yang mengusung produk yang sama.

Dengan banyaknya pusat perbelanjaan, maka sebagai salah satu industri yang paling dinamis saat ini, pemilik bisnis retail, terutama yang berbasis toko (store based retailing), harus mampu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di dalam pasar dan dengan tanggap mengadaptasinya pada bisnis mereka sehingga selalu sesuai dengan life style. Bentuk dan konsep-konsep baru serta ide-ide kreatif mengenai bagaimana berbelanja dengan lebih nyaman dan menyenangkan dengan lokasi mudah dicapai dan memiliki point of interest bagi konsumen patut dipertimbangkan. Bentuk desain yang unik akan membantu para pemilik untuk dapat secara kreatif menciptakan suasana toko yang “teatrikal” bagi para pengunjung. Sebuah pengelolaan yang mengintegrasikan desain interior, pilihan barang, konsep toko dan strategi penjualan,

Saat ini, para pengusaha retail itu sedang giat-giatnya melirik perkembangan TI demi meningkatkan kinerja bisnis mereka. TI nampaknya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis. Tapi untuk saat ini, mereka lebih memilih teknologi yang diklaim sudah terbukti meningkatkan keuntungan perusahaan retail itu. perusahaan retail diklaim untuk menghasilkan perbaikan finansial, operasional, bisnis strategi nyata dan rancangan concept-to-market lebih cepat. Untuk itu disediakan aplikasi merchandising dan supply chain and store yang dapat dipadukan dengan software enterprise, middleware, dan perangkat aplikasi Oracle lainnya

PT. RAYAN PRATAMA ABADI adalah salah satu perusahaan retail di Surabaya yang menjual jasa kepada perusahaan untuk memasarkan dan mengenalkan produk mereka pada market share atau konsumen. Sebagai perusahaan retail.kelancaran operasi dan kejelasan hubungan status karyawan sangat penting untuk kelancaran sebuah sistem kerja yang efisien.

Penelitian pada perusahaan ini dilakukan untuk memperjelas sebuah sistem yang memperjelas hubungan, status, masa kerja, upah kerja yang didapatkan serta data- data tentang karyawan lainnya. Data yang didapatkan pada dari perusahaan kita masukan dalam sebuah data base yang setiap saat dapat di akses dan diambil datanya..

Akan tetapi Sistem Informasi yang ada telah ada masih mempunyai banyak kekurangan. Masih banyak proses bisnis dari sebuah Perusahaan yang belum dijalankan. Salah satu contohnya adalah tidak adanya fasilitas yang memberikan informasi kepada operator bahwa sebuah data sedang dicari tidak ada..

Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis akan membuat sebuah Sistem Informasi Manajemen yang merupakan sebuah perbaikan dari sistem yang telah ada. dalam penelitian ini penulis akan membuat sebuah Sistem Informasi perusahaan yang merupakan sebuah perbaikan dari sistem yang telah ada. Dengan adanya system yang baru ini diharapkan mampu memperlancar semua operasi dari sebuah peruasahaan.

Sehingga Dengan adanya sistem yang baru ini diharapkan mampu memperlancar semua operasi dari sebuah perusahaan Karena salah satu solusi untuk menangani kendala-kendala tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi basis data yang diintegrasikan dengan tampilan berbasis database untuk menyediakan informasi dan reservasi secara terpadu. Selain itu, aplikasi tersebut juga melakukan pengolahan data yang menghasilkan beberapa laporan yang dapat digunakan secara internal untuk manajemen perusahaan.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan Bagaimana cara merancang suatu Sistem Informasi Manajemen Personalia sehingga memudahkan kinerja perusahaan untuk mendapatkan informas iyang cepat, relevan, dan akurat?”

1.3 Batasan Masalah

Agar penelitian ini lebih tepat sasarannya maka diperlukan batasan-batasan sebagai berikut :

1. Penelitian ini hanya di lakukan di PT. RAYAN PRATAMA ABADI.

2. Kriteria yang dipakai merupakan data langsung atau primer dan data tidak langsung atau sekunder yang dapat diambil dari perusahaan.

3. Pada Tahap implementasi hanya bersifat usulan.

4. Penelitian ini tidak mencakup analisis biaya

1.4 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan di PT. RAYAN PRATAMA ABADI adalah : Merancang sistem informasi manajemen personalia untuk mempermudah pencarian data karyawan dengan denag menggunakan software Visual Basic 6.0

1.5 Asumsi-asumsi

Sedangkan asumsi yang diperlukan adalah sebagai berikut :

1. Selama penelitian tidak terjadi perubahan dalam sistem informasi, perubahan struktur kepegawaian

2. Kebijaksanaan perusahaan tidak mengalami perubahaan selama dilakukan penelitian tugas akhir ini.

3. Manajemen sanggup melaksanakan usulan-usulan perbaikan.

1.6 Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian adalah :

a. Dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman dari mahasiswa dalam dunia kerja yang sesungguhnya

b. Memberikan referensi tambahan untuk perpustakaan agar berguna di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

c. Dapat Sebagai bahan acuan untuk pembentukan sistem yang baru atau sekedar perbaikan

1.7 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan penelitian ini sesuai yang ditetapkan oleh pihak fakultas secara berurutan sehingga dapat diperoleh gambaran yang jelas dan terarah. Adapun sistematika penulisan adalah sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Bab ini diuraikan mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, asumsi yang digunakan, dan manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian, serta sistematika penulisan laporan.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini berisi tentang teori-teori yang relevan dengan system informasi manajemen dan sesuai dengan topik penelitian yang dilakukan serta teori tentang metode yang digunakan.

BAB III : METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini membahas metodologi penelitian yang dirancang untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kegiatan penelitian tugas akhir ini. Dari langkah-langkah pemecahan dan formulasi yang digunakan diharapkan dapat memberikan usulan-usulan sehingga tujuan akhir dari penelitian dapat tercapai.

BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN

Bab ini berisi data - data yang diperlukan dalam perancangan sebuah sistem manajemen yang di pakai untuk bahasa pemrograman.berbasis data base.perancangan program, beserta form- form yang telah selesai di buat.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini akan berisi kesimpulan yang merupakan hasil dari analisa dan pembahasan penelitian yang dilakukan. Serta berisikan saran-saran sebagai pertimbangan perbaikan sistem informasi

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Saturday, February 6, 2010

PERANCANGAN SITEM INFORMASI MANAJEMEN PERSONALIA PADA PT. RAYAN PRATAMA ABADI SEPANJANG

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan dunia yang semakin mengglobal seperti saat ini yang ditandai denagn adanya pasar bebas yang memiliki iklim kompetisi yang sangat ketat di segala bidang usaha, baik di bidang manufaktur maupun di bidang jasa. Dengan adanya barang atau jasa yang masuk ke dalam negeri dengan bebas tanpa adanya hambatan sedikitpun. Hal ini meyebabkan persaingan antar produsen agar berlomba – lomba untuk mendekatkan diri kepada konsumen entah itu dengan peningkatan kualitas memperbanyak promosi dan lain – lain.

Mendekatkan diri kepada konsumen bisa dengan berbagai cara seperti peningkatan kualitas, penyebaran promosi di media – media hingga memasarkan produk pada perusahaan – perusahaan retail yang sekarang ini sedang berkembang pesat dewasa ini. Dengan memasarkan produk pada perusahaan retail maka produsen akan semakin lebih dekat dengan konsumen dan dapat mengetahui tingkat persaingan dengan perusahaan lain yang mengusung produk yang sama.

PT. RAYAN PRATAMA ABADI yang ada di kota Surabaya adalah salah satu perusahaan retail di surabaya yang menjual jasa kepada perusahaan untuk memasarkan dan mengenalkan produk mereka pada market share mereka atau konsumen. Sebagai perusahaan retail.kelancaran operasi dan kejelasan hubungan status karyawan sangat penting untuk kelancaran sebuah system kerja yang efisien.

Penelitian pada perusahaan ini dilakukan untuk memperjelas sebuah system yang memperjelas hubungan, status, masa kerja, upah kerja yang didapatkan serta data- data tentang karyawan lainnya. Data yang didapatkan pada dari perusahaan kita masukan dalam sebuah data base yang setiap saat dapat dipanggil dan diambil datanya..

Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis akan membuat sebuah Sistem Informasi manajemen yang merupakan sebuah perbaikan dari sistem yang telah ada. Dengan adanya system yang baru ini diharapkan mampu memperlancar semua operasi dari sebuah perusahaan

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan Bagaimana cara menyederhanakan sebuah system yang telah ada sehingga memudahkan pencarian data karyawan untuk perusahaan agar operasi perusahaan berjalan lancer ?”

1.3 Batasan Masalah

Agar penelitian ini lebih tepat sasarannya maka diperlukan batasan-batasan sebagai berikut :

1. Penelitian ini hanya di lakukan di PT. RAYAN PRATAMA ABADI.

2. Kriteria yang dipakai merupakan data langsung atau primer dan data tidak langsung atau sekunder yang dapat diambil dari perusahaan.

3. Pada Tahap implementasi hanya bersifat usulan.

1.4 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan di PT. RAYAN PRATAMA ABADI adalah :

1. Mempermudah pencarian data tentang karyawan.

2. Perbaikan system informasi manajemen personalia.

1.5 Asumsi-asumsi

Sedangkan asumsi yang diperlukan adalah sebagai berikut :

1. Selama penelitian tidak terjadi perubahan dalam sistem informasi, perubahan struktur kepegawaian

2. Kebijaksanaan perusahaan tidak mengalami perubahaan selama dilakukan penelitian tugas akhir ini.

3. Tenaga kerja dan manajemen sanggup melakukan usulan-usulan perbaikan.

1.6 Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian adalah :

1 Bagi Peneliti

Dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman serta dapat membandingkan antara ilmu yang di dapat dalam bangku kuliah maupun hasil membaca literatur dengan kenyataan praktis yang ada pada perusahaan.

2 Bagi Universitas

Memberikan referensi tambahan untuk perpustakaan agar berguna di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan sekaligus sebagai pembanding untuk melakukan penelitian tentang masalah kualitas di masa yang akan datang.

3 Bagi Perusahaan

Dapat Sebagai bahan acuan untuk pembentukan system yang baru atau sekedar perbaikan

1.7 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan penelitian ini sesuai yang ditetapkan oleh pihak fakultas secara berurutan sehingga dapat diperoleh gambaran yang jelas dan terarah. Adapun sistematika penulisan adalah sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini diuraikan mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, asumsi yang digunakan, dan manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian, serta sistematika penulisan laporan.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini berisi tentang teori-teori yang relevan dan sesuai dengan topik penelitian yang dilakukan serta teori tentang metode yang digunakan.

BAB III : METODOLOGI PENELITIAN

Pada bab ini membahas metodologi penelitian yang dirancang untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kegiatan penelitian tugas akhir ini. Dari langkah-langkah dan formulasi yang digunakan diharapkan dapat memberikan usulan-usulan sehingga tujuan akhir dari penelitian dapat tercapai.

BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN

Bab ini berisi data - data yang diperlukan dalam perancangan sebuah system manajemen yang di pakai untuk bahasa pemrograman.berbasis data base.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini akan dikemukakan kesimpulan yang merupakan hasil dari analisa dan pembahasan penelitian yang dilakukan. Serta berisikan saran-saran sebagai pertimbangan perbaikan system informasi

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Friday, February 5, 2010

NALISA TINGKAT EFISIENSI PERUSAHAAN – PERUSAHAAN HEAVY WEIGTH INDUSTRY (HWI) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSI

ABSTRAKSI



Perkembangan sektor industri saat ini mempengaruhi perubahan cara pandang para pelaku industri. Mereka mulai memperhitungkan bagaimana cara menjalankan industri yang paling efisien, yaitu bagaimana menggunakan input sehemat mungkin untuk menghasilkan output yang sesuai atau bahkan melebihi target yang telah ditetapkan. Pada umumnya para pelaku industri mengharapkan dapat mencapai kondisi ideal, yaitu suatu kondisi dimana nilai efisiensi sama dengan 100% yang berarti jumlah keluaran yang dihasilkan sama dengan jumlah masukan yang digunakan. Namun pada kenyataannya kondisi ideal tersebut sangat sulit untuk dicapai karena ada banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain : kekurangan jumlah bahan baku yang diperlukan, tenaga kerja yang berlebihan, produk yang dihasilkan menurun dan lain – lain.


Perusahaan – perusahaan Heavy Weigth Industry (dibawah pengawasan KADIN JATIM) merupakan pelaku industri yang selalu mengharapkan kondisi ideal dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Kebutuhan akan peralatan berat oleh pasar tertentu menjadikan perusahaan Heavy Weigth Industry harus bekerja dalam kondisi yang efisien untuk terus menjaga kondisi yang ideal agar tetap eksis didunia bisnis. Oleh karena itu dibutuhkan peningkatan efisiensi secara terus menerus oleh perusahaan – perusahaan Heavy Weigth Industry (HWI). Permasalahan yang muncul adalah berapa tingkat efisiensi dan target perbaikan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan – perusahaan Heavy Weigth Industry (HWI).


Pengukuran efisiensi relatif menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA), yaitu membandingkan efisiensi organisasi yang sejenis dimana efisiensi 100% tidak ditentukan oleh organisasi yang bersangkutan tetapi merujuk kepada organisasi – organisasi yang menghasilkan kinerja yang baik sehingga diharapkan terjadi peningkatan dan pencapaian target input dan output yang sesuai dengan yang ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengukur tingkat efisiensi relatif perusahaan – perusahaan Heavy Weigth Industry. Dan Menetapkan target input dan output optimal bagi unit yang inefisien sebagai tolak ukur peningkatan produktivitas.


Dari penelitian didapatkan perusahaan – perusahaan HWI anggota Kadin Jatim yang efisien adalah PT. Airindo Sakti, PT. Robin Jaya, PT. Kasana Teknindo Gemilang, PT. United Tractors, PT. Surya Pancamitra, PT. Trakindo Utama, PT. Intan Motor dan PT. Tulusindo Utama Traktor. Sedangkan yang tidak efisien adalah PT. Partindo Sakti Jaya dan PT. Unitrak. Target perbaikan untuk PT. Partindo Sakti Jaya adalah penurunan Biaya operasional, penurunan Jumlah Karyawan dan penurunan Konsumsi Spare Part. Target perbaikan untuk PT. Unitrak adalah penurunan Biaya Operasional, penurunan Jumlah Karyawan, peningkatan Pelayanan Transportasi, peningkatan Pelayanan Perbaikan, peningkatan Pelayanan Penyewaan dan peningkatan Pendapatan Penjualan.

Thursday, February 4, 2010

PT. Maspion Aluminium MIKADO merupakan industri yang bergerak dalam bidang pembuatan perabotan rumah tangga

ABSTRAKSI


Pada saat ini hampir semua perusahaan yang bergerak di bidang industri dihadapkan pada suatu masalah yaitu adanya tingkat persaingan yang semakin kompetitif. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk merencanakan atau menentukan jumlah produksi agar dapat memenuhi permintaan pasar dengan tepat waktu dan dengan jumlah yang sesuai, sehingga diharapkan keuntungan perusahaan akan meningkat.

PT. Maspion Aluminium MIKADO merupakan industri yang bergerak dalam bidang pembuatan perabotan rumah tangga dengan bahan baku aluminium dan produk yang dihasilkannya antara lain yaitu : Teko Reguletto, Teko Concerto, Wajan Clarita, Panci Alcor, Dandang Alcor, dsb. Salah satu diantaranya yang paling diminati oleh konsumen adalah Wajan Clarita. Perusahaan mulai memproduksi Wajan Clarita dengan kapasitas produksi mencapai 300 buah per hari kemudian jumlah produk yang dihasilkan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya permintaan konsumen. Namun kenyataannya menunjukkan bahwa permintaan konsumen fluktuatif, tidak selalu tetap disetiap periode produksi sehingga memaksa perusahaan harus merencanakan kegiatan produksi sebaik-baiknya. Perusahaan harus bisa mengatasi masalah lonjakan permintaan atau penurunan permintaan sehingga proses produksi tetap berjalan lancar dan perusahaan tidak mengalami kerugian.

Dengan adanya masalah tersebut maka untuk menentukan jumlah produksi dalam memenuhi permintaan konsumen yang fluktuatuif diperlukan suatu alternatif pemecahan masalah tanpa menambah fasilitas yang ada, yaitu dengan menentukan jumlah produksi dengan mengaplikasikan metode fuzzy mamdani dengan harapan perusahaan dapat mengatasi fluktuasi permintaan konsumen dengan biaya produksi yang minimal.

Dari pengolahan data diperoleh hasil biaya produksi untuk produk Wajan Clarita Tipe 30 dan 33 pada tahun 2008 dengan metode riil perusahaan sebesar Rp 3.691.130.200,-, sedangkan dengan menggunakan metode fuzzy mamdani sebesar Rp 3.592.033.300,-. Sehingga metode fuzzy mamdani dapat menghasilkan total biaya produksi yang lebih minimal daripada total biaya produksi rill perusahaan dengan selisih sebesar Rp 99.096.900,- per tahun atau 2,68%.Untuk rencana jumlah produksi pada bulan April – September 2009 diperoleh hasil Wajan Clarita Tipe 30 sebanyak 21.720 unit dan Wajan Clarita Tipe 33 sebanyak 25.170 unit.



Kata Kunci : Ketidakpastian, Jumlah Produksi, Fuzzy Mamdani, Minimasi Biaya Produksi.