Tuesday, February 9, 2010

ANALISIS MANAJEMEN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) BERBASIS ISO 9001 : 2000 DI PT. SWABINA GATRA (SEMEN GRESIK GR

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan dunia industri yang semakin cepat menyebabkan semakin kompleknya aktivitas yang dilakukan oleh manusia, hal ini menuntut para pemimpin perusahaan agar semakin berhati-hati dalam menyusun rencana dan tindakan yang diambil dalam bersaing dengan perusahaan lain untuk memasarkan produk/jasanya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain adalah dengan meningkatkan kualitasnya. Kualitas tidak hanya pada produk/jasa yang kita buat tetapi kualitas manajemen perusahan juga sangat berarti dan menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memesan produk/jasa.

PT. SWABINA GATRA (SEMEN GRESIK GROUP) GRESIK yang beroperasi di Jl. RA. Kartini Gresik yang bergerak di bidang industri dan jasa Cleaning Service, Supply tenaga kerja, Biro Perjalanan & Wisata, Penyewaan kendaraan dan Produsen Air Minum Dalam Kemasan ”SWA” selalu memperhatikan keinginan pelanggan. Selain adanya penerapan juga mendapatkan sertifikasi internasional dari badan organisasi ISO 9001:2000, agar dapat merencanakan strategi perusahaan yang baik sehingga dapat melakukan pelayanan terbaik pada pelanggannya yang nantinya dapat mencapai profit lebih tinggi.

Dengan adanya penerapan berdasarkan pendekatan ISO 9001 : 2000 diharapkan dapat memberi manfaat bagi perusahaan untuk mendapatkan pengakuan yang baik di mata internasional sehingga dapat meningkatkan image perusahaan dimata konsumen yang secara tidak langsung mempengaruhi peningkatan hasil dari penjualan, dan membantu perusahaan untuk lebih melaksanakan sistem manajemen mutunya secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan produk yang berkualitas.

Sertifikasi ISO 9001 : 2000 adalah suatu standart internasional untuk sistem manajemen kualitas yang berfokus pada proses dan kepuasan pelanggan, Oleh karena itu PT. SWABINA GATRA (SEMEN GRESIK GROUP), GRESIK adalah perusahaan yang menyadari akan pentingnya sertifikasi ISO tersebut, untuk itu penulis merasa tertarik mengadakan penelitian ini.

PT. SWABINA GATRA khususnya pada bidang usaha Produsen Air Minum Dalam Kemasan ”SWA” telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 dari badan sertifikasi. Sertifikat ini mempunyai tenggang 5 tahun, sejak tahun 2003 PT. SWABINA GATRA telah mendapatkan sertikat ini. Hal ini membuktikan bahwa manajemen kualitas di bidang industri Air Minum Dalam Kemasan ”SWA” ini sudah baik.

Dengan adanya hal ini maka penulis melakukan analisis untuk mengetahui sejauh mana penerapan dari standard ISO 9001:2000 pada saat ini, sehingga perusahaan bukan hanya memiliki prosedur yang terdokumentasi seperti yang disyaratkan dalam ISO 9000 tetapi juga mutu yang terkendali sesuai dengan persyaratan dalam elemen ISO 9000, sehingga pada tahun berikutnya perusahaan ini masih tetap bisa mempertahankan sertifikat ISO 9001: 2000.

1.2 Rumusan Masalah

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian tugas akhir ini secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut :

“ Bagaimana sistem manajemen mutu di PT. Swabina Gatra (Semen Gresik Group), Gresik khususnya bidang industri AMDK yang menggunakan standart ISO 9001 : 2000 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.”

1.3 Batasan Masalah

Agar penelitian ini lebih tepat sasarannya maka untuk menganalisa penelitian ini diperlukan batasan-batasan sebagai berikut :

  1. Penelitian dilakukan pada karyawan yang telah bekerja di perusahaan minimal selama enam bulan.
  2. Pengukuran akan menggunakan sepenuhnya konsep dan prosedur yang ada pada sistem manajemen mutu terutama yang mengenai Quality Mangement serta panduan ISO 9001 versi 2000.
  3. Penelitian dilakukan pada bidang industri Air Minum Dalam Kemasan “SWA”.

1.4 Asumsi-asumsi

Asumsi yang digunakan untuk penelitian ini adalah :

  1. Responden dianggap cukup memahami pertanyaan dari elemen-elemen kuisioner.
  2. Saat penelitian dilakukan perusahaan berjalan dalam keadaan normal.

1.5 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Untuk mengetahui kondisi sistem manajemen mutu perusahaan dengan kriteria yang ditetapkan pada ISO 9001 : 2000.

2. Untuk mengidentifikasi nilai dari seluruh elemen ISO yang harus dilakukan perbaikan oleh perusahaan.

1.6 Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat diambil dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Bagi Perusahaan

Diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan khususnya pada pengukuran performansi perusahaan dilihat dari sudut pandang persepsi karyawan terhadap organisasi.

2. Bagi Universitas

Dapat digunakan untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya tentang penerapan Total Quality Management dan ISO 9001:2000 bagi mahasiswa, dan juga dapat dijadikan sebagai tambahan referensi perpustakaan.

3. Bagi Penulis

Dengan adanya penelitian ini penulis dapat belajar dan memberikan pengetahuan tentang penerapan Total Quality Management berdasarkan ISO 9001:2000,dan mengimplementasikan pendidikan yang didapat di perguruan tinggi.

1.7 Sistematika Penulisan

Dalam penulisan penelitian ini, sistematika penulisan diusahakan berurutan berdasarkan pelaksanaan penelitian antara lain sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Berisi penjelasan mengenai latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, asumsi, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Berisi ringkasan dari teori-teori Total Quality Management (TQM) dan ISO 9001:2000 yang mendukung proses pengerjaan penelitian dengan mencantumkan sumber-sumber pustaka.

BAB III : METODE PENELITIAN

Menjelaskan tentang langkah-langkah pengerjaan yang ditulis secara detail sehingga dapat memberikan tuntunan dalam pengerjaan penelitian ini.

BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN

Berisikan pengumpulan data, pengolahan data, dan pembahasan terhadap data yang diolah.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Berisi kesimpulan yang didapat dari hasil analisa data kinerja perusahaan dengan penerapan TQM berdasarkan ISO 9001:2000 dan saran mengenai tindak lanjut sebagai hasil penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Comments :

0 komentar to “ANALISIS MANAJEMEN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) BERBASIS ISO 9001 : 2000 DI PT. SWABINA GATRA (SEMEN GRESIK GR”

Post a Comment