Sunday, February 7, 2010

Bagaimana cara merancang suatu Sistem Informasi Manajemen Personalia sehingga memudahkan kinerja perusahaan untuk mendapatkan informas iyang cepat, re

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan dunia yang semakin mengglobal seperti saat ini yang ditandai denagn adanya pasar bebas yang memiliki iklim kompetisi yang sangat ketat di segala bidang usaha, baik di bidang manufaktur maupun di bidang jasa. Dengan adanya barang atau jasa yang masuk ke dalam negeri dengan bebas tanpa adanya hambatan sedikitpun. Hal ini meyebabkan persaingan antar produsen agar berlomba – lomba untuk mendekatkan diri kepada konsumen entah itu dengan peningkatan kualitas memperbanyak promosi dan lain – lain.

Perusahaan yang banyak tumbuh belakangan ini menjadikan perusahaan harus mampu bersaing daam segala hal, termasuk perbaikan sarana – sarana pendukung serta bagaimana mampu bersaing dengan perusahaan lain. Mendekatkan diri kepada konsumen bisa dengan berbagai cara seperti peningkatan kualitas, penyebaran promosi di media – media hingga memasarkan produk pada perusahaan – perusahaan retail yang sekarang ini sedang berkembang pesat dewasa ini. Dengan memasarkan produk pada perusahaan retail maka produsen akan semakin lebih dekat dengan konsumen dan dapat mengetahui tingkat persaingan dengan perusahaan lain yang mengusung produk yang sama.

Dengan banyaknya pusat perbelanjaan, maka sebagai salah satu industri yang paling dinamis saat ini, pemilik bisnis retail, terutama yang berbasis toko (store based retailing), harus mampu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di dalam pasar dan dengan tanggap mengadaptasinya pada bisnis mereka sehingga selalu sesuai dengan life style. Bentuk dan konsep-konsep baru serta ide-ide kreatif mengenai bagaimana berbelanja dengan lebih nyaman dan menyenangkan dengan lokasi mudah dicapai dan memiliki point of interest bagi konsumen patut dipertimbangkan. Bentuk desain yang unik akan membantu para pemilik untuk dapat secara kreatif menciptakan suasana toko yang “teatrikal” bagi para pengunjung. Sebuah pengelolaan yang mengintegrasikan desain interior, pilihan barang, konsep toko dan strategi penjualan,

Saat ini, para pengusaha retail itu sedang giat-giatnya melirik perkembangan TI demi meningkatkan kinerja bisnis mereka. TI nampaknya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis. Tapi untuk saat ini, mereka lebih memilih teknologi yang diklaim sudah terbukti meningkatkan keuntungan perusahaan retail itu. perusahaan retail diklaim untuk menghasilkan perbaikan finansial, operasional, bisnis strategi nyata dan rancangan concept-to-market lebih cepat. Untuk itu disediakan aplikasi merchandising dan supply chain and store yang dapat dipadukan dengan software enterprise, middleware, dan perangkat aplikasi Oracle lainnya

PT. RAYAN PRATAMA ABADI adalah salah satu perusahaan retail di Surabaya yang menjual jasa kepada perusahaan untuk memasarkan dan mengenalkan produk mereka pada market share atau konsumen. Sebagai perusahaan retail.kelancaran operasi dan kejelasan hubungan status karyawan sangat penting untuk kelancaran sebuah sistem kerja yang efisien.

Penelitian pada perusahaan ini dilakukan untuk memperjelas sebuah sistem yang memperjelas hubungan, status, masa kerja, upah kerja yang didapatkan serta data- data tentang karyawan lainnya. Data yang didapatkan pada dari perusahaan kita masukan dalam sebuah data base yang setiap saat dapat di akses dan diambil datanya..

Akan tetapi Sistem Informasi yang ada telah ada masih mempunyai banyak kekurangan. Masih banyak proses bisnis dari sebuah Perusahaan yang belum dijalankan. Salah satu contohnya adalah tidak adanya fasilitas yang memberikan informasi kepada operator bahwa sebuah data sedang dicari tidak ada..

Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis akan membuat sebuah Sistem Informasi Manajemen yang merupakan sebuah perbaikan dari sistem yang telah ada. dalam penelitian ini penulis akan membuat sebuah Sistem Informasi perusahaan yang merupakan sebuah perbaikan dari sistem yang telah ada. Dengan adanya system yang baru ini diharapkan mampu memperlancar semua operasi dari sebuah peruasahaan.

Sehingga Dengan adanya sistem yang baru ini diharapkan mampu memperlancar semua operasi dari sebuah perusahaan Karena salah satu solusi untuk menangani kendala-kendala tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi basis data yang diintegrasikan dengan tampilan berbasis database untuk menyediakan informasi dan reservasi secara terpadu. Selain itu, aplikasi tersebut juga melakukan pengolahan data yang menghasilkan beberapa laporan yang dapat digunakan secara internal untuk manajemen perusahaan.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan Bagaimana cara merancang suatu Sistem Informasi Manajemen Personalia sehingga memudahkan kinerja perusahaan untuk mendapatkan informas iyang cepat, relevan, dan akurat?”

1.3 Batasan Masalah

Agar penelitian ini lebih tepat sasarannya maka diperlukan batasan-batasan sebagai berikut :

1. Penelitian ini hanya di lakukan di PT. RAYAN PRATAMA ABADI.

2. Kriteria yang dipakai merupakan data langsung atau primer dan data tidak langsung atau sekunder yang dapat diambil dari perusahaan.

3. Pada Tahap implementasi hanya bersifat usulan.

4. Penelitian ini tidak mencakup analisis biaya

1.4 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan di PT. RAYAN PRATAMA ABADI adalah : Merancang sistem informasi manajemen personalia untuk mempermudah pencarian data karyawan dengan denag menggunakan software Visual Basic 6.0

1.5 Asumsi-asumsi

Sedangkan asumsi yang diperlukan adalah sebagai berikut :

1. Selama penelitian tidak terjadi perubahan dalam sistem informasi, perubahan struktur kepegawaian

2. Kebijaksanaan perusahaan tidak mengalami perubahaan selama dilakukan penelitian tugas akhir ini.

3. Manajemen sanggup melaksanakan usulan-usulan perbaikan.

1.6 Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian adalah :

a. Dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman dari mahasiswa dalam dunia kerja yang sesungguhnya

b. Memberikan referensi tambahan untuk perpustakaan agar berguna di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

c. Dapat Sebagai bahan acuan untuk pembentukan sistem yang baru atau sekedar perbaikan

1.7 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan penelitian ini sesuai yang ditetapkan oleh pihak fakultas secara berurutan sehingga dapat diperoleh gambaran yang jelas dan terarah. Adapun sistematika penulisan adalah sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Bab ini diuraikan mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, asumsi yang digunakan, dan manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian, serta sistematika penulisan laporan.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini berisi tentang teori-teori yang relevan dengan system informasi manajemen dan sesuai dengan topik penelitian yang dilakukan serta teori tentang metode yang digunakan.

BAB III : METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini membahas metodologi penelitian yang dirancang untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kegiatan penelitian tugas akhir ini. Dari langkah-langkah pemecahan dan formulasi yang digunakan diharapkan dapat memberikan usulan-usulan sehingga tujuan akhir dari penelitian dapat tercapai.

BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN

Bab ini berisi data - data yang diperlukan dalam perancangan sebuah sistem manajemen yang di pakai untuk bahasa pemrograman.berbasis data base.perancangan program, beserta form- form yang telah selesai di buat.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini akan berisi kesimpulan yang merupakan hasil dari analisa dan pembahasan penelitian yang dilakukan. Serta berisikan saran-saran sebagai pertimbangan perbaikan sistem informasi

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Comments :

0 komentar to “Bagaimana cara merancang suatu Sistem Informasi Manajemen Personalia sehingga memudahkan kinerja perusahaan untuk mendapatkan informas iyang cepat, re”

Post a Comment