Saturday, February 6, 2010

PERANCANGAN SITEM INFORMASI MANAJEMEN PERSONALIA PADA PT. RAYAN PRATAMA ABADI SEPANJANG

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan dunia yang semakin mengglobal seperti saat ini yang ditandai denagn adanya pasar bebas yang memiliki iklim kompetisi yang sangat ketat di segala bidang usaha, baik di bidang manufaktur maupun di bidang jasa. Dengan adanya barang atau jasa yang masuk ke dalam negeri dengan bebas tanpa adanya hambatan sedikitpun. Hal ini meyebabkan persaingan antar produsen agar berlomba – lomba untuk mendekatkan diri kepada konsumen entah itu dengan peningkatan kualitas memperbanyak promosi dan lain – lain.

Mendekatkan diri kepada konsumen bisa dengan berbagai cara seperti peningkatan kualitas, penyebaran promosi di media – media hingga memasarkan produk pada perusahaan – perusahaan retail yang sekarang ini sedang berkembang pesat dewasa ini. Dengan memasarkan produk pada perusahaan retail maka produsen akan semakin lebih dekat dengan konsumen dan dapat mengetahui tingkat persaingan dengan perusahaan lain yang mengusung produk yang sama.

PT. RAYAN PRATAMA ABADI yang ada di kota Surabaya adalah salah satu perusahaan retail di surabaya yang menjual jasa kepada perusahaan untuk memasarkan dan mengenalkan produk mereka pada market share mereka atau konsumen. Sebagai perusahaan retail.kelancaran operasi dan kejelasan hubungan status karyawan sangat penting untuk kelancaran sebuah system kerja yang efisien.

Penelitian pada perusahaan ini dilakukan untuk memperjelas sebuah system yang memperjelas hubungan, status, masa kerja, upah kerja yang didapatkan serta data- data tentang karyawan lainnya. Data yang didapatkan pada dari perusahaan kita masukan dalam sebuah data base yang setiap saat dapat dipanggil dan diambil datanya..

Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis akan membuat sebuah Sistem Informasi manajemen yang merupakan sebuah perbaikan dari sistem yang telah ada. Dengan adanya system yang baru ini diharapkan mampu memperlancar semua operasi dari sebuah perusahaan

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan Bagaimana cara menyederhanakan sebuah system yang telah ada sehingga memudahkan pencarian data karyawan untuk perusahaan agar operasi perusahaan berjalan lancer ?”

1.3 Batasan Masalah

Agar penelitian ini lebih tepat sasarannya maka diperlukan batasan-batasan sebagai berikut :

1. Penelitian ini hanya di lakukan di PT. RAYAN PRATAMA ABADI.

2. Kriteria yang dipakai merupakan data langsung atau primer dan data tidak langsung atau sekunder yang dapat diambil dari perusahaan.

3. Pada Tahap implementasi hanya bersifat usulan.

1.4 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan di PT. RAYAN PRATAMA ABADI adalah :

1. Mempermudah pencarian data tentang karyawan.

2. Perbaikan system informasi manajemen personalia.

1.5 Asumsi-asumsi

Sedangkan asumsi yang diperlukan adalah sebagai berikut :

1. Selama penelitian tidak terjadi perubahan dalam sistem informasi, perubahan struktur kepegawaian

2. Kebijaksanaan perusahaan tidak mengalami perubahaan selama dilakukan penelitian tugas akhir ini.

3. Tenaga kerja dan manajemen sanggup melakukan usulan-usulan perbaikan.

1.6 Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian adalah :

1 Bagi Peneliti

Dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman serta dapat membandingkan antara ilmu yang di dapat dalam bangku kuliah maupun hasil membaca literatur dengan kenyataan praktis yang ada pada perusahaan.

2 Bagi Universitas

Memberikan referensi tambahan untuk perpustakaan agar berguna di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan sekaligus sebagai pembanding untuk melakukan penelitian tentang masalah kualitas di masa yang akan datang.

3 Bagi Perusahaan

Dapat Sebagai bahan acuan untuk pembentukan system yang baru atau sekedar perbaikan

1.7 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan penelitian ini sesuai yang ditetapkan oleh pihak fakultas secara berurutan sehingga dapat diperoleh gambaran yang jelas dan terarah. Adapun sistematika penulisan adalah sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini diuraikan mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, asumsi yang digunakan, dan manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian, serta sistematika penulisan laporan.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini berisi tentang teori-teori yang relevan dan sesuai dengan topik penelitian yang dilakukan serta teori tentang metode yang digunakan.

BAB III : METODOLOGI PENELITIAN

Pada bab ini membahas metodologi penelitian yang dirancang untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kegiatan penelitian tugas akhir ini. Dari langkah-langkah dan formulasi yang digunakan diharapkan dapat memberikan usulan-usulan sehingga tujuan akhir dari penelitian dapat tercapai.

BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN

Bab ini berisi data - data yang diperlukan dalam perancangan sebuah system manajemen yang di pakai untuk bahasa pemrograman.berbasis data base.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini akan dikemukakan kesimpulan yang merupakan hasil dari analisa dan pembahasan penelitian yang dilakukan. Serta berisikan saran-saran sebagai pertimbangan perbaikan system informasi

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Comments :

0 komentar to “PERANCANGAN SITEM INFORMASI MANAJEMEN PERSONALIA PADA PT. RAYAN PRATAMA ABADI SEPANJANG”

Post a Comment