Monday, February 1, 2010

PENGUKURAN EFISIENSI RELATIF USAHA DAGANG BAHAN BANGUNAN DAN STRATEGI PERBAIKANNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS ( DEA ) DI KABU

ABSTRAKSI



Perkembangan bisnis angkutan laut / Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) saat ini mempengaruhi perubahan cara pandang Perusahaan Pelayaran. Mereka mulai memperhitungkan bagaimana menjalankan usaha dagang yang paling efisien, agar tetap bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Persaingan akan semakin ketat apabila Perusahaan Pelayaran tersebut mempunyai karakteristik penjualan yang sama dengan rute tujuan yang tidak terlalu jauh.

Perusahaan Pelayaran di Surabaya merupakan salah satu aset penting dalam bidang Ekspedisi Muatan Kapal Laut. Perusahaan pelayaran ini memiliki fungsi strategis di dalam penyelenggaraan angkutan laut, sebagai konsekuensinya Perusahaan Pelayaran dituntut untuk lebih efisien dan efektif didalam pengelolaan dan memberikan pelayanan secara menyeluruh. Dengan melihat kegiatan Perusahaan Pelayaran memiliki karakteristik penjualan yang sama maka setiap pimpinan harus mempunyai strategi dalam usahanya. Tetapi kebanyakan Perusahaan Pelayaran dalam mengukur efisiensi masih menggunakan single input dan single output, sehingga tidak akan didapatkan penjelasan yang lebih mendetail mengenai faktor-faktor yang terlibat dalam pencapaian kondisi efisien.

Adanya permasalahan untuk mengetahui penjelasan yang mendetail mengenai faktor-faktor yang terlibat dalam pencapaian usaha yang paling efisien, maka perlu dilakukan pengukuran efisiensi relatif Perusahaan Pelayaran di Surabaya. Pengukuran efisiensi relatif menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA), yaitu membandingkan efisiensi Perusahaan Pelayaran yang sejenis dimana efisiensi 100 % tidak ditentukan oleh unit usaha Perusahaan Pelayaran yang bersangkutan tetapi merujuk kepada unit Perusahaan Pelayaran yang menghasilkan kinerja yang baik.

Hasil pengolahan DEA, didapatkan 3 (tiga) Perusahaan Pelayaran di Surabaya yang efisien dengan nilai efisiensi relatifnya sebesar satu yaitu PT. Tempuran Emas, PT. Panurjwan, PT. Djakarta Lloyd. Sedangkan PT. Mentari Sejati Perkasa adalah Perusahaan Pelayaran yang inefisien dengan nilai efisiensi relatifnya sebesar 0.9999980. Dalam strategi rencana perbaikannya, PT. Mentari Sejati Perkasa mengacu pada PT. Djakarta Lloyd dan agar PT. Mentari Sejati Perkasa dapat meningkatkan efisiensi relatifnya sebesar 100 %, maka PT. Mentari Sejati Perkasa perlu meningkatkan jumlah keberangkatan kapal sebesar 1.51 % dan meningkatkan jumlah pelanggan sebesar 11.54 %

Berdasarkan hasil perangkingan DMU-DMU yang efisien, maka didapatkan bahwa yang menempati posisi pertama adalah PT. Tempuran Emas, posisi yang kedua adalah PT. Djakarta Lloyd, posisi ketiga adalah PT. Panurjwan, dan yang menempati posisi keempat adalah PT. Mentari Sejati Perkasa.


Kata Kunci : Data Envelopment Analysis, Efisiensi Relatif

Comments :

0 komentar to “PENGUKURAN EFISIENSI RELATIF USAHA DAGANG BAHAN BANGUNAN DAN STRATEGI PERBAIKANNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS ( DEA ) DI KABU”

Post a Comment