Wednesday, February 10, 2010

ANALISIS SISTEM ANTRIAN UNTUK MENGOPTIMALKAN JUMLAH TELLER DENGAN MODEL SIMULASI PADA BANK JATIM CAB Dr. SOETOMO DI SURABAYA

BAB I

PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Dengan berbagai macam kiat bank-bank yang ada berupaya agar menarik minat para nasabah dan tetap hidup dalam roda perekonomian di tanah air.

Bank Jatim cabang Dr. Soetomo di Surabaya adalah salah satu dari cabang PT. Bank Pembangunan Daerah Jatim yang terletak di jalan Prof. Dr. Moestopo –surabaya yang sampai sekarang tetap hidup dan jumlah nasabahnyapun semakin meningkat. Pemberian pelayanan terhadap nasabah dapat di berikan selama 5 jam yaitu antara pukul 08.00 – 14.00 wib.

Karena jumlah nasabah yang semakin meningkat pada Bank Jatim cabang Dr. Soetomo di Surabaya maka timbullah antrian. Apalagi jumlah teller di Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo di Surabaya kurang memadai, seperti pada saat terjadi transaksi pengambilan yang menggunakan uang tunai cukup banyak. Selain itu banyak juga diantara nasabah yang antri ternyata bukan melakukan transaksi tetapi hanya melihat jumlah uang yang ada dalam buku tabungan tersebut, Sehingga nasabah yang menunggu dalam antrian dan akan berhubungan lansung dengan teller tersebut akan merasa kecewa (tidak puas) dengan pelayanannya.

Dari permasalahan yang terjadi dapat di pecahkan dengan menggunakan model simulasi (program simul8), dimana dengan model ini kita dapat merancang model yang lebih optimal dari system nyata yakni system teller pelayanan nasabah.

Diharapkan dengan model simulasi tersebut dapat di temukan jumlah teller pelayanan nasabah yang optimal pada Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo di Surabaya sehingga tidak terjadi antrian yang panjang dan lama serta nasabahpun merasa puas dengan pelayanan yang di berikan oleh Bank Jatim Cabang Dr. Soetomo di Surabaya dan tidak berpaling ke bank lain.

I.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian-uraian latar belakang tersebut di atas maka permasalahan yang di hadapi oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jatim saat ini adalah:

Berapa jumlah teller yang optimal, sehingga kegiatan transaksi pada saat ramai tidak menimbulkan antrian panjang”

I.3 Batasan Masalah

Agar pembahasan yang di lakukan lebih terarah dan tidak menyimpang dari tujuan yang di tetapkan maka perlu di buat batasan-batasan yang di perlukan dalam pemecahan masalah sebagai berikut:

1. Penelitian di lakukan 1 bulan pada tanggal 1-30 maret 2007

2. Pengamatan dilakukan pada waktu sibuk, yaitu antara pukul 08.00-14.00 WIB.

3. Pengukuran data tingkat kedatangan di mulai dari nasabah masuk dalam system antrian

4. Pengukuran data waktu pelayanan di mulai dari lamanya waktu yang di perlukan untuk persiapan pelayanan di tambah lamanya waktu pelayanan.

5. Penelitian hanya untuk menghitung waktu kedatangan data waktu pelayanan sehingga dapat di ketahui jumlah nasabah yang datang dan jumlah selesai tiap satuan waktu.

6. Perhitungan biaya dalam penambahan jumlah teller tidak termasuk dalam penelitian.

I.4 Asumsi

Berdasarkan Batasan masalah yang ada maka asumsi-asumsi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain :

1. Tiap nasabah selalu menuju jumlah antrian terpendek

2. Sumber populasi kedatangan nasabah tidak terbatas.

3. Tersedia area untuk penambahan fasilitas pelayanan

I.5 Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin hendak di capai dari penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah teller yang optimal sehingga kegiatan transaksi pada saat ramai tidak menimbulkan antrian yang panjang

I.6. Manfaat Penelitian

1. Bagi Perusahaan

Sebagai bahan perbandingan teori antrian yang di terapkan oleh perusahaan, dan merupakan saran kepada pihak perusahaan mengenai antrian yang dapat di gunakan pada masa yang akan datang.

2. Bagi Universitas pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur

Sebagai perbendaharaan perpustakaan dan di harapkan bisa bermanfaat bagi mahasiswa yang melakukan penelitian yang dengan permasalahan yang sama.

3. Bagi mahasiswa

Dapat menerapkan teori yang di peroleh selama studi untuk memecahkan masalah yang terjadi pada dunia industri yang sebenarnya.

I.7. Sistematika Penulisan

Sistematika tugas akhir adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini berisi latar belakang penulisan, batasan masalah, perumesan masalah, tujuan penelitian, asumsi, manfaat pemecahan masalah dan sistematika penulisan.

BAB II TINJUAN PUSTAKA

Pada bab ini berisi teori-teori yang mendukung dalam menyelesaikan permasalahan yang ada serta metode-metode yang akan digunakan dalam melakukan pengolahan dan analisis data.

BAB III METODE PENELITIAN

Pada bab ini berisi metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini hingga pembahasannya.

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini berisi pengolahan data, kemudian data yang telah diolah tersebut dianalisis untuk menperoleh hasil yang diharapkan.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini berisi kesimpulan dari hasil analisa dan pembahasan serta saran yang ditunjukan untuk perusahaan, berkaitan dengan permasalahan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Comments :

0 komentar to “ANALISIS SISTEM ANTRIAN UNTUK MENGOPTIMALKAN JUMLAH TELLER DENGAN MODEL SIMULASI PADA BANK JATIM CAB Dr. SOETOMO DI SURABAYA”

Post a Comment