Monday, February 8, 2010

pengukuran menggunakan DEA dengan model Variable Return to Scale (VRS) dan Constant Return to Scale (CRS)

ABSTRAKSI



Indikator keberhasilan suatu perusahaan dapat dilihat dari besar kecilnya perolehan laba, baik itu perusahaan yang menghasilkan barang maupun perusahaan jasa. Di perusahaan jasa apabila pelanggan/konsumen tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, maka merek akan beralih ke perusahaan lainnya. Oleh karena itu dengan semakin banyaknya perusahaan jasa menyebabkan persaingan semakin ketat, dan perusahaan – perusahaan tersebut mulai memperhitungkan bagaimana cara pelayanan yang efisien terhadap para pelanggan/ konsumennya.


Tours & travel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa khususnya jasa transportasi dan pariwisata, dimana perusahaan – perusahaan tersebut lebih mengutamakan kepuasan para pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Perusahaan – perusahaan tersebut meliputi PT. Wicaksono Suryo, PT. Parkit Mas Lintas Raya, PT. Prima Wisata 1, dan PT. Prima Wisata 2. Perusahaan – perusahaan tersebut mengalami ketidakefisienan terhadap masalah tenaga kerja, dikarenakan banyaknya tenaga kerja yang menganggur .


Pada penelitian ini digunakan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA), dimana DEA ini merupakan model pemrograman linier yang berbasis pada pengukuran efisiensi relatif suatu unit dengan menggunakan banyak input dan banyak output. Input dan output yang digunakan dalam penelitian yang dianggap mempengaruhi efisiensi, dihasilkan dari perhitungan dengan menggunakan tool SPSS 11.00.


Dari pengukuran menggunakan DEA dengan model Variable Return to Scale (VRS) dan Constant Return to Scale (CRS) dengan menggunakan software Lindo akan didaptkan nilai Technical Efficiency (TE) den Scale Efficiency (SE) yang akan mengindikasikan perusahaan Tours & Travel mana yang efisien (nilai TE = 1) dan yang inefisien (nilai TE = <1),>Slack variable dari perusahaan yang inefisien yang akan menunjukkan nilai tiap input dan output yang agar dapat tercapai kondisi perusahaan yang efisien. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa perusahaan tours & travel yang inefisien adalah PT. Prima Wisata 1 dengan nilai efisiensi relatif sebesar 0,7314106.


Kata Kunci : Data Envelopment Analysis, Technical Efficiency, Scale Effficiency

Comments :

0 komentar to “pengukuran menggunakan DEA dengan model Variable Return to Scale (VRS) dan Constant Return to Scale (CRS)”

Post a Comment