Friday, February 5, 2010

NALISA TINGKAT EFISIENSI PERUSAHAAN – PERUSAHAAN HEAVY WEIGTH INDUSTRY (HWI) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSI

ABSTRAKSI



Perkembangan sektor industri saat ini mempengaruhi perubahan cara pandang para pelaku industri. Mereka mulai memperhitungkan bagaimana cara menjalankan industri yang paling efisien, yaitu bagaimana menggunakan input sehemat mungkin untuk menghasilkan output yang sesuai atau bahkan melebihi target yang telah ditetapkan. Pada umumnya para pelaku industri mengharapkan dapat mencapai kondisi ideal, yaitu suatu kondisi dimana nilai efisiensi sama dengan 100% yang berarti jumlah keluaran yang dihasilkan sama dengan jumlah masukan yang digunakan. Namun pada kenyataannya kondisi ideal tersebut sangat sulit untuk dicapai karena ada banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain : kekurangan jumlah bahan baku yang diperlukan, tenaga kerja yang berlebihan, produk yang dihasilkan menurun dan lain – lain.


Perusahaan – perusahaan Heavy Weigth Industry (dibawah pengawasan KADIN JATIM) merupakan pelaku industri yang selalu mengharapkan kondisi ideal dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Kebutuhan akan peralatan berat oleh pasar tertentu menjadikan perusahaan Heavy Weigth Industry harus bekerja dalam kondisi yang efisien untuk terus menjaga kondisi yang ideal agar tetap eksis didunia bisnis. Oleh karena itu dibutuhkan peningkatan efisiensi secara terus menerus oleh perusahaan – perusahaan Heavy Weigth Industry (HWI). Permasalahan yang muncul adalah berapa tingkat efisiensi dan target perbaikan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan – perusahaan Heavy Weigth Industry (HWI).


Pengukuran efisiensi relatif menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA), yaitu membandingkan efisiensi organisasi yang sejenis dimana efisiensi 100% tidak ditentukan oleh organisasi yang bersangkutan tetapi merujuk kepada organisasi – organisasi yang menghasilkan kinerja yang baik sehingga diharapkan terjadi peningkatan dan pencapaian target input dan output yang sesuai dengan yang ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengukur tingkat efisiensi relatif perusahaan – perusahaan Heavy Weigth Industry. Dan Menetapkan target input dan output optimal bagi unit yang inefisien sebagai tolak ukur peningkatan produktivitas.


Dari penelitian didapatkan perusahaan – perusahaan HWI anggota Kadin Jatim yang efisien adalah PT. Airindo Sakti, PT. Robin Jaya, PT. Kasana Teknindo Gemilang, PT. United Tractors, PT. Surya Pancamitra, PT. Trakindo Utama, PT. Intan Motor dan PT. Tulusindo Utama Traktor. Sedangkan yang tidak efisien adalah PT. Partindo Sakti Jaya dan PT. Unitrak. Target perbaikan untuk PT. Partindo Sakti Jaya adalah penurunan Biaya operasional, penurunan Jumlah Karyawan dan penurunan Konsumsi Spare Part. Target perbaikan untuk PT. Unitrak adalah penurunan Biaya Operasional, penurunan Jumlah Karyawan, peningkatan Pelayanan Transportasi, peningkatan Pelayanan Perbaikan, peningkatan Pelayanan Penyewaan dan peningkatan Pendapatan Penjualan.

Comments :

0 komentar to “NALISA TINGKAT EFISIENSI PERUSAHAAN – PERUSAHAAN HEAVY WEIGTH INDUSTRY (HWI) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSI”

Post a Comment