Wednesday, February 3, 2010

PENGUKURAN TINGKAT EFISIENSI TIAP CABANG DI PERUM PEGADAIAN KANWIL SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

ABSTRAKSI

Tempat-tempat wisata di berbagai penjuru kota dewasa ini banyak bermunculan. Seiring dengan hal tersebut, sarana peristirahatan sebagai salah satu daya dukung wisata pun ikut berkembang. Meskipun banyak sekali bermunculan sarana-sarana peristirahatan, diantaranya losmen, villa, dan sebagainya, tetapi hal ini tidak menurunkan minat para wisatawan untuk sekedar melepas lelah di hotel.
Khusus didaerah Surabaya, hotel banyak dipergunakan untuk bisnis. Diantaranya INNA SIMPANG, HOTEL WETA, HOTEL GARDEN, dan HOTEL SAHID yang merupakan hotel-hotel berbintang tiga. Karena lokasi yang strategis dan saling berdekatan keempat hotel tersebut mempunyai tingkat persaingan yang tinggi untuk mendapatkan pelanggan. Menurut pengamatan yang telah dilakukan, hotel-hotel tersebut sering terjadi ketidakstabilan tingkat hunian (occupancy) yang nantinya akan mengarah pada ketidakstabilan efisiensi pelayanan.
Data Envelopment Analysis (DEA) merupakan suatu model analisa multi faktor produktivitas untuk mengukur efisiensi dari sekelompok homogenuous Decision Making Unit (DMU). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat efisiensi pelayanan dari masing-masing hotel serta menentukan target input dan output bagi hotel yang tidak efisien.
Dari hasil pengolahan DEA CRS Primal, didapatkan bahwa hotel yang efisien adalah HOTEL WETA, INNA SIMPANG, dan HOTEL GARDEN sedangkan hotel yang tidak efisien adalah HOTEL SAHID dengan nilai efisiensi relatif sebesar 0,927407. Target input dan output bagi hotel yang tidak efisien (HOTEL SAHID), untuk jumlah karyawan diminimasi sebesar 24,8 %, untuk rasio karyawan lulusan SMU diminimasi sebesar 18 %, untuk jumlah kamar yang dimiliki diminimasi sebesar 43,5 %, untuk harga kamar terendah diminimasi sebesar 6,2 %, untuk jumlah fasilitas kamar dimaksimasi sebesar 50 %, untuk jumlah fasilitas hotel dimaksimasi sebesar 71,4 %, untuk jumlah tamu dimaksimasi sebesar 19,3 %, dan untuk rata-rata occupancy tidak ada perbaikan.


Key word : Data Envelopment Analysis (DEA), efisiensi, Decision Making Unit (DMU), hotel.

Comments :

0 komentar to “PENGUKURAN TINGKAT EFISIENSI TIAP CABANG DI PERUM PEGADAIAN KANWIL SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)”

Post a Comment